cinta kami ada dalam secangkir kopi, sepotong coklat, dan di blog ini..

Monday 14 January 2013

Kecewa WGM (part II)

Waduk Gajah Mungkur
Sebegitu mahalkah harga tempat sampah? Ato petugas kebersihan dibayar mahal selangit biar ada kerjaan mungutin sampah bejibun? Ato saya yang terlalu 'tertib' untuk selalu buang sampah di tempat sampah? Hellooo....ini ga malu apa sama Adipura yang mejeng di depan gerbang?(walaupun tu Adipura diraih udah tau kapan) tapi paling tidak kan bisa buat nyemangatin kalo dulu kota ini udah pernah jadi kota TERBERSIH....

Argghhh...saya kali yang lebay.

Tapi mengganggu sekali lho,beneran! Bayangkan berapa banyak sampah yang dihasilkan dari tempat wisata seperti WGM ini. Yang jual makanan kemasan banyak, yang jual mainan dibungkus plastik juga banyak, yang bawa makanan dibungkus banyak. Trus kemana tuh larinya sampah? Harusnya kan dibuang di tempat sampah, tapi berhubung tempat sampah susah nyarinya, so...(silakan tebak sendiri).

Saya baru menyadari ketika saya beli sate ayam yang dibungkus daun. Sehabis makan, saya tengok kanan kiri nyari tempat sampah terdekat, ga ada. Ngider ke sana ke mari nyari, ga ada juga. Tanya sama penjual mainan, disuruh buang di situ aja tar juga diambil petugas kebersihan. Hmmm...kok terlihat ga 'elegan'  dan ga 'intelek' sekali saya membuang sampah sembarangan begitu saja. Berasa ga rela gitu tempat ini terkotori oleh sampah saya. Oke saya nyari lagi deh, ternyaaataaa ada sodara-sodara..! Di bawah pohon nun jauh di sana, ada tempat sampah yang berupa drum dipotong separo, itulah tempat sampahnya.! Dari jauh, ya jauh dari posisi saya yang ada di arena bermain anak. Itu pun sampahnya udah kliatan menumpuk bak gunung.  Oke oke..saya samperin deh. Olalala...memang menumpuk dan banyak sekali lalat yang mengerubungi. Diiihhh...jijik sekali lihatnya.


Oke...saya mungkin lebay.
Ngga ada orang lain yang terlihat mencari tempat sampah, Ngga ada orang 'normal' yang lari ke sana ke mari bingung buang sampah. Intinya ngga ada tuh yang ngributin tempat sampah. Biar aja tuh tempat sampah cuma satu, buang sampah ya buang aja.
Yaa..saya memang ga normal.

Tapiiii...mari kita pikirkan dengan hati yang bening *deuuu. :
- Meskipun ngga semua orang membuang sampah di tempatnya, tapi paling tidak jika disediakan tempat sampah di titik-titik yang strategis kan orang jadi termotivasi untuk menggunakannya.
- Ngga ada indah-indahnya lho melihat sampah berserakan di sana- sini. Ini tempat wisata book, tempat kita mo melihat yang indah-indah.
- Dari hal yang kecil macam tempat sampah ini, akan terlihat bagaimana profesionalisme dan keseriusan pemerintah daerah setempat dalam mengelola tempat wisata.
- Pengunjung WGM ini kebanyakan anak-anak dan pelajar, gimana kita mo menuntut mereka menjaga lingkungan kalo tidak disediakan fasilitas yang mendukung? Di sekolah atau di rumah diajarin untuk buang sampah pada tempatnya, tapi begitu mereka mau mengaplikasikannya di sini, mana mana mana???Ya udah deh, buang di sini aja, beda sih sama yang di teori.
- Orang dari luar Wonogiri melihat 'wajah' kita dari tempat yang mereka datangi, salah satu yang banyak dikunjungi ya WGM ini.Oh, please jangan nilai kami jorok ya orang - orang dari luar..!

Ya udah deh cukup sekian postingan lebay dari si lebay..   Tapi silakan dicerna dengan hati yang bening #I like this diction


0 comments:

Post a Comment

Powered by Blogger.
Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...

© 2011 Everything is Beautiful, AllRightsReserved.

Designed by ScreenWritersArena