cinta kami ada dalam secangkir kopi, sepotong coklat, dan di blog ini..

Monday 8 September 2014

Bakso Ikan

Ibu-ibu. Apa ya seninya jadi ibu-ibu? Meski tidak semua mengamini, tapi bagi saya salah satu kewajiban jadi ibu ya turun ke dapur. Sesibuk-sibuknya saya, dan sehancur-hancurnya masakan saya, tapi bikin sesuatu untuk dimakan Edsel tetap panggilan yang masih saya turuti. Lebih-lebih jika Edsel tidak suka sesuatu, maka itu adalah PR buat saya biar sesuatu itu bisa diterima mulutnya.

Kayak ikan nih. Edsel sih bukannya ga doyan ikan, tapi jika ikan diolah begitu-begitu saja (digoreng, dipepes, dibakar) bisa ilfil karena jenuh dia. Maka saya putuskan untuk bikin bakso ikan aja. Apalagi beberapa hari belakangan dia pingin banget jajan cilok dan bakso kayak temen-temennya. Nah ini juga salah satu trik untuk mengalihkan keinginan jajannya dia. Daaann....berhasil!! Si Ed ga ngrengek-ngrengek lagi tiap ada tukang cilok atau bakso. Bakso ini juga bisa dibikin sate bakso bakar, jadi dia juga aman-aman aja tiap tukang sate lewat. Hehehe...Pokoknya fleksibel aja deh dibikin apa aja. Bisa untuk tambahan nasi goreng, cap cay, orak-arik, mi rebus, mi goreng, apaaa ajaa. Jadi saya bikin agak banyak sekalian, taruh di freezer. Kalo sewaktu-waktu dibutuhkan tinggal ambil.

Tampilannya ga menarik ya. Saya ga bisa bikin bulet let.

Resep Bakso Ikan
Bahan :

  • 300 gram fillet daging ikan tenggiri, kakap, ataupun tuna
  • 100 mililiter air es
  • 30 gram tepung kanji
  • 1 butir telur, ambil putihnya
Bumbu halus :
  • 3 siung bawang putih
  • 1/2 sendok teh kaldu instan
  • 1/2 sendok teh garam
  • 1/2 sendok teh merica bubuk (atau sesuai selera)
Cara bikin :
  • Campurkan sampai rata ikan, putih telur, dan bumbu halus.
  • Tambahkan air es sedikit demi sedikit sambil dikocok menggunakan mikser.
  • Tambahkan tepung kanji. Aduk sampai rata.
  • Bentuk adonan menjadi bulatan dengan bantuan sendok makan. 
  • Masukkan ke air mendidih. Rebus hingga semua bulatan mengambang.
  • Tiriskan.
Air bekas rebusan bisa dipake buat bikin mi rebus atau untuk kuah baksonya. Tinggal tambahin garam, merica bubuk, dan daun sledri. Udah gitu aja. 

0 comments:

Post a Comment

Powered by Blogger.
Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...

© 2011 Everything is Beautiful, AllRightsReserved.

Designed by ScreenWritersArena