cinta kami ada dalam secangkir kopi, sepotong coklat, dan di blog ini..

Friday 7 March 2014

Dirayu MLM

Beberapa hari yang lalu ada pesan masuk ke inbox Facebook saya. Dari seorang teman lama yang mengirimkan link  penawaran sebuah bisnis MLM (Multi Level Marketing). Saya sih udah tau produk yang mau dijual, tapi ya hanya sekedar tahu aja. 


Dan jujur saya malessss banget ditawarin ikut gitu-gituan, makanya saya hanya sekedar membalas pesan silaturahminya saja dan mengesampingkan iklan tawarannya itu. Beneran deh saya sudah berpuluh-puluh kali diajak bergabung dengan MLM dari berbagai jenis produk, dari berbagai asal negara produksinya.  Dan sampe hari itu tidak sedikit pun saya tertarik. TIDAK SEDIKIT PUN. 

  • Alasan saya yang pertama : saya tidak bisnis dagang, ga punya jiwa tebal muka untuk gedor pintu-pintu nawarin barang dengan membawa katalog. 
  •  Alasan kedua : barang MLM itu kebanyakan (bahkan semuanya dari yang pernah ditawarkan kepada saya) itu lebih mahal dari barang yang bisa dijual bebas di pasaran. 
  • Alasan ketiga : sesuatu yang too good to be true itu adalah omong kosong alias menjual mimpi. 
  • Alasan keempat : saya tidak punya waktu. Bayangkan saja saya di kantor dari pagi sampe sore. Setelah di rumah langsung ngurus anak, suami, dan rumah. Kapan saya punya waktu untuk ngider nawarin produk?
  • Alasan kelima : banyak contoh MLM yang bangkrut!!
Cukup bukan kelima alasan itu untuk membuat saya antipati dengan bisnis ginian? 

Sampe akhirnya temen saya minta nomor HP dan kita chat via WhatsApp. Nah pinternya temen saya itu, dia menawarkan sesuatu yang rasional dari sebuah bisnis MLM. Kan suka ada tuh yang janji-janji kalo kita daftar jadi member dalam waktu 2 bulan bisa dapat mobil atau uang puluhan juta. Ya mungkin emang bener kita bisa dapet segitu, tapi kan pake usaha dan proses. Ga tetiba aja kita santai-santi trus duit masuk ke rekening kita. Gayus Tambunan aja musti kongkalingkong dengan pegawai pajak biar jadi milyuner. Apalagi sebuah bisnis yang halal (eh tapi MLM halal kan ya?), pastinya harus pake usaha.

Trus lagi, uang pendafaran membernya cuma Rp 24.900. Ini bener kagak ini, masak iya cuma segitu?? Nah tertariknya saya di situ, uang pendafaran cuma seiprit. Jadi kalo misalnya kita kagak bisa jualan, paling ga kita beli kosmetik untuk diri kita sendiri dengan harga lebih murah, harga member. Oh iya kelupaan, MLM yang ditawarkan ke saya ini produknya kosmetik. You know it lah apa MLM mendunia yang main di kosmetik. Oriflame.

Soal kualitas produk sih saya ga meragukan ya. Cuma bisa apa kagak ni saya menjalankan bisnis ini dalam waktu yang terbatas dengan jiwa bisnis saya yang memprihatinkan. Sampe saat ini sih saya udah mengiyakan penawaran temen saya itu dengan pemikiran yang udah saya sebutkan di atas. Cuma memang belum saya sentuh tu web untuk login sebagai member. Bahkan saya belum keluarkan uang sepeserpun untuk biaya daftar. Baru sebatas mengirimkan foto KTP dan alamat email. Soalnya saya memang belum sempat karena kerjaan yang bejibun. Dan saya masih mau pelajari lebih jauh juga si Oriflame ini. Risk and benefit-nya.

Nanti ya, kalo memang bisnis ini bisa saya jalankan dengan segala keterbatasan saya. Dan lebih banyak benefit ketimbang risk-nya, why not?? Tapi kalo kebalikannya, buat apa saya teruskan? Mending melakukan usaha yang lain. 

So...tunggu kabar dari saya ya. Kalo menurut saya IYA, nanti saya bikin link di blog ini untuk membantu teman-teman bergabung dengan saya. Tapi kalo hasil pembelajaran saya (ciieee..pembelajaran, ha ha ha) menggiring saya untuk menjauhi, saya ga akan tulis apa pun di blog ini biar tidak ada pihak-pihak yang tersinggung.

Kata-kata bijak saya hari ini : belajar berenang dulu sebelum memutuskan terjun ke sungai. Selamat hari Jumat. I love love Friday...


0 comments:

Post a Comment

Powered by Blogger.
Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...

© 2011 Everything is Beautiful, AllRightsReserved.

Designed by ScreenWritersArena