cinta kami ada dalam secangkir kopi, sepotong coklat, dan di blog ini..

Tuesday 5 February 2013

Masak Lobster

Buset dah...!
Ngga pernah ngebayangin masak lobster sendiri. Masak tuna oke lah, belut hayuk, cumi hajar, kerang no problemo. Tapi lobster??

Haiyah lihat penampakannya aja udah terkesima. Bukan eike jijik yah, cuma ngga yakin aja makhluk yang sedemikian bentuknya, yang ketika udah mateng sedemikian enaknya, akan bisa takluk di tangan eike. Ya ampuunnn bentuknya aja udah syerem kayak gini :

But, life must go on. Challenge must be faced.
Masa iya saya kalah sama lobster?

Oke..setelah katakan IYA pada kasus ini, langkah selanjutnya adalah googling. Tapi malah jadi pusyiingg sendiri ngelihat resep-resep yang bumbunya ampun-ampunan  banyaknya, rumit pulak..! IMHO, daging lobster kan udah manis, enak gitu. Ngga perlu dibumbuin macem-macem juga udah enak. Kalo bumbunya macem-macem, takutnya ngerusak rasa asli si lobster. Ini menurut lidah ogut lho ya.

Selain itu, ya emang males aja kalo ngolahnya ribet, lha wong si Ed belum tentu doyan. Ini kan his first experience. *Hoho..emak pemalas. Kalo si Ayah sih jelas ngga makan, alergi plus jijik.#jijikan deh ih si abang yang satu ini.

Dan setelah googling sana-sini, I decided to do this :
  • Masukkan lobster ke ember, siram air sampe merendam seluruh badan lobster. Ini berguna untuk membersihkan si lobster dari pasir dan kotoran lain.
  • Masukin ke plastik bersih. Berhubung aku takut megang pake tangan, jadi aku masukin satu-satu ke plastik pake penjepit makanan.
  • Masukin ke freezer selama 30 menit untuk 'melumpuhkannya'.
  • Keluarkan dari freezer dan rebus selama 10 menit di panci berisi air yang sudah mendidih. Airnya bisa ditambahin sedikit garam dan daun salam pad waktu dididihkan.
  • Angkat lobster. Dinginkan. Putusin kepalanya. Sebenarnya bisa sih kepalanya dipertahankan, tapi aku ngga bisa belah badan lobster jadi dua, so biar gampang dimakan, aku putusin aja kepalanya. Walaupun seterlah tanpa kepala pun masih butuh effort buat makannya, hihihi.., tapi mendinganlah.
  • Kucurin jeruk lemon. Aku punyanya jeruk purut, jadi pake yang ada aja.
  • Masukin wadah, tutup rapat. Simpan kulkas. 
Kenapa dimasukin kulkas?  Karena aku ngrebus lobsternya malam hari, and mau aku masak besoknya. Jadi ceritanya, tu lobster dapet dari Bos Besar alias Pak Camat. Kata beliau, sekilo cuma Rp 70.000, ih murah kan ya? Memang itu harganya di bawah harga pasaran karena udah kenal baik dan langganan tetap (tapi kayaknya sih karena segen juga sama beliau deh, hehe).

Paginya...lobster cuma aku angetin pake teflon yang dikasih minyak goreng dikit, trus taburin garam di atasnya.

Eng ing eng...inilah penampakan lobster untuk menu sarapan Ed pagi ini :
Ceile, keren kan aku bisa masak lobster. Hahaha...#Angkuh, sungguh angkuh.



 

0 comments:

Post a Comment

Powered by Blogger.
Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...

© 2011 Everything is Beautiful, AllRightsReserved.

Designed by ScreenWritersArena