cinta kami ada dalam secangkir kopi, sepotong coklat, dan di blog ini..

Friday 16 January 2015

Tok Tok Ped Ped


Karena rumah saya di kampuang nun jauh di mato, maka saya lumayan sering berbelanja online karena terkadang barang yang saya butuhkan sulit di dapat di sini. Atau kalo pun ada, harus jauh-jauh atau ribet nyarinya. Jadilah belanja online jadi alternatif pilihan termudah untuk saya. Cuma ya itu, terkadang ongkirnya memang bikin jantungan, secara rumah saya pan jauh dari pengiriman barang-barang itu. 

Terakhir online shopping, baru kemarin, saya nyari buku Bayiku Anakku karangan dr. Purnamawati. Sebenarnya ini bukan buku baru, malah saya sudah punya buku serinya setelah ini yang saya beli secara online juga ketika hamil si Ed, judulnya Smart Parents for Healthy Children yang berisi tanya jawab. Jadi buku pertama (yang baru mau saya beli sekarang) ini berisi teori, buku kedua semacam aplikasi dari teori itu. 

Setelah banding-bandingin dari berbagai online shop, ternyata harga di Tokopedia yang paling murah. Sebenarnya pingin beli lewat YOP (Yayasan Orang Tua Peduli) langsung aja karena mereka semacam 'agen' resmi dari buku ini, tapi ga tahu kenapa sulit sekali diakses sehingga saya memutuskan untuk ambil dari Tokopedia ini. Sekalian saya beli 1 buku lain biar ga rugi di ongkos kirim. 

Tapi saya kecewa nih dengan pelayanan di Tokopedia. Mungkin ini hanya pengalaman pribadi, mungkin juga pelanggan yang lain merasa puas, tapi tidak untuk saya. Dimulai dari saya yang sudah transfer pembayaran via ATM, ternyata bank yang saya pake ga ada di list Konfirmasi Pembayaran. Mau ngisi sendiri nama bank juga ga tersedia fasilitasnya sehingga saya ga bisa melakukan konfirmasi. Kemudian saya menghubungi Customer Service lewat Layanan Pengguna di website nya. Layanan Pengguna ini pun tidak serta merta dibalas sampe beberapa hari, sehingga saya mencari akun Facebook Tokopedia  untuk menulis komentar. Respon di FBnya lumayan cepat, dan saya bisa melakukan konfirmasi pembayaran karena di form konfirmasi sudah tercantum nama bank saya. Tapi tetap saja saya gondok karena berapa hari sudah waktu yang terbuang? 

Setelah melakukan konfirmasi pun, masalah tidak selesai begitu saja. Besoknya saya mendapat email yang berisi pemberitahuan bahwa verifikasi pembayaran gagal karena pembayaran tidak mereka terima sehingga saya harus mengirim bukti pembayaran. Ya ampuuunn...saya sempat mutung mau mengikhlaskan uang yang sudah saya transfer aja. Males banget muter-muter gini. Tapi mau kemana lagi saya nyari buku itu ? Yo wis lah, saya jepret itu bukti transaksi saya, dan saya kirimkan ke email sesuai petunjuk mereka. Mudah-mudahan masalah sudah selesai dan saya tidak perlu ribet dengan prosedur ini itu lagi. Sampe sekarang saya masih menunggu barang pesenan saya. Belum tahu kapan sampainya.

Sebenarnya kalo dicermati, belanja di Tokopedia lebih aman karena pembayaran baru diteruskan ke pihak penjual setelah barangnya kita terima. Tapi dengan pengalaman pertama kali di Tokopedia yang ga menyenangkan ini membuat saya sedikit males untuk mengulangnya. Jika dibandingkan di Lazada, pelayanan di Tokopedia  ini jelas kalah jauh. Setidaknya ini menurut pengalaman saya ya. Saya yang juga pernah belanja di Lazada, merasakan bahwa mereka selalu update informasi sekecil apa pun ke nomor HP dan email kita. Pelayanannya cepet dan profesional banget.

Lagi-lagi ini cuma pendapat pribadi ya. Monggo dipilih tempat belanja online yang paling nyaman dari bejibun pilihan yang ada sekarang.  

0 comments:

Post a Comment

Powered by Blogger.
Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...

© 2011 Everything is Beautiful, AllRightsReserved.

Designed by ScreenWritersArena