cinta kami ada dalam secangkir kopi, sepotong coklat, dan di blog ini..

Tuesday 7 May 2013

Roti Bakar Gula Palem

Kondisinya sekarang adalah jaraaaaanggg banget bikin cemilan yang ribet dan banyak buat Edsel. Kalo dulu nih, ketika masih jaya-jayanya si anak CUMA dan HANYA makan hasil olahan ibunya, tiap wiken pasti baking. Udah pasti itu. 

Tiap hari Kamis udah sibuk brows menu, Jumat merinci apa aja yang mau dibeli. Pulang kantor mampir belanja bahan kue. Jumat malam kalo si Edsel udah bobo, mulai baking. Secapek dan sengantuk apa pun tetep semangat masak sampe nunggu kue dingin untuk dimasukin toples atau kulkas. Biasanya jam 23.30 baru kelar beberes dan tidur. Itu dulu. Dulu... * Ah akyu merindukan saat-saat itu. 

Now? Si bocah udah demen main ke tetangga dan sodara, udah kenal makanan di luar. Udah incip-incip (lebih tepatnya dikasih) segala jenis makanan yang dulu saya haramkan. Duuhh gusti, ini mo menyalahkan siapa? Menyalahkan ibu saya yang mengajak Edsel main kesana kemari? Ga bijak kan? Udah untung mau mengasuh anak saya dengan kasih sayang dan gratisan. Mau menyalahkan tetangga dan sodara yang nekat nyumpel-nyumpelin makanan yang saya larang? Salah sendiri ga njagain anak sendiri. Mau nyalahin Edsel yang mau makan yang dikasihin? Yaahh namanya juga bocah umur 2 tahun, pan enak banget tuh gula dan garam, apalagi kemasannya bagus-bagus. Fiuhhh.... ujung-ujungnya adalah mbok-e yang salah. Me.

Jadinya, sekarang snacknya Edsel adalah beli yang kemasan (masih mending sih saya yang beliin, jadi bisa dicek komposisinya). Ini anak emang tergila-gila pada makanan yang kemasannya menarik. Jadi seenak apapun kue yang saya bikin ga bakalan dilirik sama dia, apalagi dimakan. 

Tapi biar bagaimana juga saya masih berusaha bikinin snack buat dia. Kalo ga dimakan ya biar dimakan ama kita-kita yang udah tua. Seringnya sih yang gampang-gampang biar ga mubazir kalo dia ga suka. *Mubazir sih ga ya, toh ayahnya juga doyan. Tapi malesnya itu. Sayang udah buang-buang waktu kalo anak ga ikut makan. Hehe....

Contohnya nih, yang sering saya bikin dan biasanya dia ga nolak yaitu Roti Bakar Gula Palem. Resep ini timbul dari perasaan sayang melihat gula palem sisa bikin kue 2 bulan yang lalu masih banyak. Dan ya ampuun ini resep emang bener-bener cuma karena saya terlalu perhitungan membayangkan gula palem saya teronggok tak bermanfaat. 

Bahan :
  • roti tawar
  •  margarin atau butter
  •  gula palem
Cara membuat :
  • Olesi roti tawar dengan margarin/butter
  • Taburi dengan gula palem
  • Lipat berbentuk segitiga
  • Bakar di atas teflon sampe kecoklatan. Jangan lupa dibalik ya biar matangnya merata!

Udah, cuma gitu aja. So simple kan? Nanti roti bakarnya bakalan renyah, garing, dan manis legit. Enaakkk..
Anak suka, ayah suka, ibu pun bahagia. Yeayyy....

*Muup, fotonya kehapus sebelum sempet di-upload. Tapi sumpah ini bukan hoax ya.


0 comments:

Post a Comment

Powered by Blogger.
Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...

© 2011 Everything is Beautiful, AllRightsReserved.

Designed by ScreenWritersArena