cinta kami ada dalam secangkir kopi, sepotong coklat, dan di blog ini..

Monday 12 October 2015

Genderang MPASI

Saya sudah menabuh genderang MPASI Akis sejak 1 bulan-H. Ambisius ya mak? Ini sebenarnya buah dari kegelisahan saya menghadapi selera makan si Ed. Ga perlu dicurhatin panjang lebar di sini deh dengan selera makan si abang. Ibunya pusing tujuh keliling, selanjutnya emosi jiwa terpendam, kemudian masa bodo, kemudian trenyuh lagi, dan ending-nya bingung apa ada yang salah.

Sekarang ini memohon-mohon supaya diberi kemudahan untuk anak kedua ini. Sebenarnya si Ed dulu juga mudah sih. Ngalamin GTM cuma 1 minggu di seumur hidupnya. Dikasih makan apa aja hajar! Emaknya bangga, sombong. Di umur 2 tahunan dimulailah tantangan yang sebenarnya. Anak semata wayangnya mulai jadi picky eater. Picky eater tingkat rendah, meningkat ke level sedang, sekarang levelnya udah complicated. Untungnya anaknya ya kok sehat sehat aja ya biarpun tiap hari lauknya cuma telur dan ikan ? Untuuunnngg aja. Allah sayang kamu Nak. 

Tapi saya suka iri deh dengan ibu-ibu yang anaknya bisa makan dengan komposisi ideal sampai anaknya gede. Bisa makan sayur dan buah layaknya coklat. Bisa makan snack homemade layaknya permen lolipop.

Kembali ke Akis. Jadiii.... apa yang udah saya persiapkan? Belum ada! Haha...baru ke tahap mikir dan baca sana-sini.

Pigeon food maker, punya Ed dulu masih oke banget, ga perlu beli lagi. Emang kualitasnya bagus deh si Pigeon ini. Dulu harganya sekitar 200 ribu-an.

Saya males ambil punya saya yang tersimpan amat rapi di lemari bagian terbawah,
jadi gambar saya ambil dari babycity.co.za


Blender juga masih ada, masih bagus. Tapi pernah baca kalo makanan bayi sebaiknya ga diblender, lebih bagus disaring. Eh ini masih jadi perdebatan sih. Kalo pake blender enaknya praktis, tinggal tuang, pencet, jadi deh pure. Tauk deh tar, mungkin juga mau disaring aja. Tapi kalo lagi buru-buru, tinggal keluarin blender, wis gampang. Lihat situasi.

Usia 6,5 bulan udah mulai bisa kasih protein hewani. Nah ini ilmu baru nih. Dulu si Edsel kalo belum 8 bulan belum berani kasih protein hewani. Oke oke... Jadi kita beli choper aja ya biar bisa melumatkan daging sapi. Dulu si Ed ngolah dagingnya : daging direbus, dipotong-potong per-porsi, bekukan. Kalo mau makan, daging beku itu diparut, tar jadinya aluuuss banget kayak abon. Tapi usahanya musti gigih euy, secara daging beku kerasnya kayak batu. Bayangkan batu diparut. Tangan pegel-pegel sih udah tiap hari.

Sekarang mikir-mikir lagi deh untuk mengulangi masa-masa kelam itu. Kalo dilogika, mungkin kandungan gizinya udah banyak yang kebuang ya karena melalui proses : panas - beku - suhu ruang secara mendadak. Itu logika bodoh saya aja. Selain itu repotnya. Dengan anak dua seperti sekarang, kayaknya parut-memarut daging beku membatu yang membutuhkan waktu lama dan tangan pegel sudah tidak bisa lagi diterapkan. Hoshh...

Umm...apa lagi ya? 

Tekstur. Tekstur. Note it! Usia 6 bulan encer. 7 bulan agak kental. 8 bulan udah grenjel-grenjel. Ga ada lagi 8 bulan gasol. Ga ada lagi 8 bulan pure lembut. Ga ada !

Suplemen Fe? Err...sebenernya pas Edsel dulu udah ngeh, tapi ga concern. Ah anaknya sehat ini, ah anaknya lincah ini, ah perkembangannya bagus ini, ah ah dan ah. Tapi untuk si Akis ini kok udah mikir perlu ya kasih suplemen zat besi mulai 6 bulan. Saya adalah ibu hamil yang anemia. Kasian juga deh kalo anak saya ikut-ikutan ibunya ber-Hb rendah.

Highchair? Mahal yaaa. Ga kejangkau untuk kalangan seperti saya. Tapi yang perlu jadi catatan, anak makan kan ga boleh digendong. Taruh di highchair, ato dipangku deh kalo ga punya. Udah khatam ilmu ini sejak si abang mulai makan, tapi sulit diaplikasikan kalo anak cuma dititipin ke neneknya. Bener sulit. Masing-masing keukeuh dengan argumen masing-masing. Dan saya yang tau diri cuma nitip akhirnya ngalah, mlipir mundur. Sebenarnya pake stroler bisa juga sih. Strolernya Akis kan bisa disetting jadi tempat duduk dengan meja. Tapi kurang nyaman karena posisinya terlalu rendah kalo mau nyuapin.

Eh gimana dengan Gasol? Pernah baca di sebuah situs, kalo lebih bagus beras utuh yang dibikin bubur daripada dimasak dari tepung. Alasannya? Lupa. Tapi kalo ga salah beras yang dibikin tepung kadar indeks glikemik-nya lebih tinggi daripada beras utuh. Eh maaf kalo salah ya. Selain itu, rasa beras yang dibikin bubur beda sama bubur yang dimasak dari tepung. Padahal kan kita mau ngenalin dia makan beras, bukan makan tepung beras. He he he.. Jadi apa tetep mau pake Gasol kayak kakaknya? Mikir-mikir dulu deh.

BLW atau konvensional? BLW (Baby Led Weaning) yang digadang-gadang jadi cara ampuh bagi anak untuk mengembangkan kemampuan motorik dan menghindari GTM pernah terlintas saya terapin ke Akis. Tapi lagi-lagi karena 2 anak saya cuma diasuh oleh ibu saya, saya jadi ga tega deh 'memaksa' ibu saya untuk mendampingi Akis ber-BLW yang saya yakini akan menyita waktu dan energi untuk bersih-bersih. Takut juga kalo Akis kesedak dan ibu saya tidak punya kemampuan yang mumpuni untuk menghadapi situasi horor seperti itu. Jadi sampai detik ini saya masih condong ke konvensional.

Udah segitu dulu ya tabuhan genderangnya. Ini emaknya rempong banget ya mau makan aja. Dulu waktu Edsel juga rempong gini, tapi hasilnya? Edsel toh sekarang jadi picky eater juga. Eih, akan kutangkis : "Itu kan sekarang. Yang penting di 1000 HPK (Hari Pertama Kelahiran) nutrisinya udah oke banget." Halah...ini mah menghibur diri sendiri.

Ayo ah semangat!

0 comments:

Post a Comment

Powered by Blogger.
Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...

© 2011 Everything is Beautiful, AllRightsReserved.

Designed by ScreenWritersArena