cinta kami ada dalam secangkir kopi, sepotong coklat, dan di blog ini..

Tuesday 13 October 2015

PUPNS oh PUPNS

Jam 03.00 dini hari ini setelah bangun untuk menyusui si Akis, saya segera meraih laptop. Melewatkan mata lengket yang mengajak untuk tidur lagi dan melewatkan sesi pumping malam ! Hiks. Apa pasal? Demi mencari traffic yang tidak begitu padat agar bisa mengisi data PUPNS !

Daftar e-PUPNS


PUPNS yang merupakan kepanjangan dari Pendataan Ulang PNS ini menurut di websitenya sih "merupakan kegiatan pemutakhiran data PNS yang dilakukan secara online dan dilaksanakan sejak bulan Juli dan berakhir pada Desember 2015. Untuk proses pemutakhiran data ini setiap PNS memulai dengan melakukan pemeriksaan data yang tersedia dalam database kepegawaian BKN dan selanjutnya PNS, melakukan perbaikan data yang tidak sesuai serta menambahkan/melengkapi data yang belum lengkap/tersedia di database BKN". Tapi definisi sederhananya menurut saya adalah sebuah aplikasi online di mana di dalamnya berisi data kepegawaian PNS.

Jangan ditanya bagaimana jalannya si aplikasi ini ya. Saya sudah emosi jiwa dibuatnya. Grhhh.....Bener-bener kebangetan deh untuk sebuah aplikasi berskala nasional. Untuk login aja susah. Apalagi mau ngisi data. Haduhhh, dibutuhkan kesabaran yang amat tinggi dan kelapangan jiwa yang amat lapang. Bahkan untuk kondisi jaringan internet yang sedang bagus, satu data bisa makan waktu 1 jam baru berhasil. Terkadang, bahkan sering, beberapa jam nongkrongin laptop saya tidak berhasil memasukkan data sebiji pun!! Bayangkan berapa banyak waktu yang terbuang karena aplikasi ini.

Untuk beberapa SKPD memang ada operator khusus yang ditunjuk untuk mengisi data para pegawainya sehingga para pegawai tidak perlu meluangkan waktu khusus untuk berjibaku dengan parahnya si aplikasi dari BKN ini. Tapi untuk SKPD lain belum tentu, termasuk di kantor saya. Semua pegawai harus mengisi sendiri datanya. Karena waktu jam kerja tidak mencukupi untuk mengerjakan selain tugas pokok, maka kami memakai jam di luar jam kerja atau paling sering sih di rumah.

Di rumah pun harus pintar-pintar mencari waktu yang traffic-nya tidak padat. Jam tengah malah adalah waktu yang ideal. He he he. Tapi ini pun bukan jaminan pengisian kita akan lancar jaya. Tersendat-sendat sih sudah pasti. Banyak gagalnya juga sudah jelas.

Saya tidak tahu ya apakah di daerah lain kondisinya seperti ini. Tapi jika saya yang tinggal di pulau Jawa yang notabene tidak terkendala dengan koneksi internet saja kesusahan setengah mati untuk terkoneksi dengan server, bagaimana dengan rekan-rekan PNS yang berada di pulau-pulau yang miskin jaringan internet? Hal ini diperparah dengan ancaman dari BKN dengan memberi batas waktu pengisian sampai 31 Desember 2015. Jika batas waktu ini dilanggar, sanksinya adalah dikeluarkan dari database kepegawaian nasional alias pensiun dini. Sudah, lengkap sudah kegelisahan para PNS.
 
Hmmmm...kami PNS daerah tidak tahu apakah kegelisahan ini terdengar sampai ke  pembuat kebijakan.

0 comments:

Post a Comment

Powered by Blogger.
Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...

© 2011 Everything is Beautiful, AllRightsReserved.

Designed by ScreenWritersArena