cinta kami ada dalam secangkir kopi, sepotong coklat, dan di blog ini..

Thursday 8 October 2015

5 Bulan KRP



Apa yang terjadi jika bayimu sudah bisa ini itu? Emaknya rabid! Padahal ya mungkin perkembangannya sama aja dengan anak sebelah. Tapi tetep, namapun orang tua apalagi ibu tetap merasa anaknya paling pinter. Jadi emang bener kata-kata di sebuah buku (eh atau majalah ya? Atau malah di website??), kalo pingin tau anak kita bener jenius atau ga, musti pake test, bukan pake perasaan dan penglihatan emaknya. Bakalan subjektif, malah cenderung condong ke 'pasti jenius'.

5 bulan ya? Ahh udah 5 bulan aja si Kesit Raka Panjalu kesayangan Ibuk.

Mulai umur 4,5 bulan, si Akis ini hobi angkat-angkat bokong dan kaki. Kata orang Jawa : ngongkok. Namun entah apa yang terjadi, akhir-akhir ini, semingguan ini deh, dia males-malesan. Yang tadinya mulai umur 3-4 bulan dia suka berguling-guling, sekarang juga males mbalik badan. Cuma tengkurep aja, trus ogah mbalik badan sendiri. Ini kenapa bayiku???? 

Ini dia suka angkat-angkat bokong dan kaki di umur 4,5 bulan

Si rambut jangan ditanya ya. Tetep segitu. Dapat masukan dari kiri kanan buat nggundulin lagi si bayi 5 bulan ini biar tar tumbuhnya lebaaattt. Cuma diiyain aja sama ibunya, tapi males nanggepin. Ehh tapi makin ke sini kok agak terlintas untuk pingin nggundulin beneran. Kemudian bimbang lagi, biarin aja anak laki ini. Kemudian terlintas lagi, dan bimbang lagi. Emang tepat sih kalo Libra gambarnya timbangan, lhah orangnya juga bimbang sana bimbang sini.

Stok ASIP?? Aman! Masih ada 2 rak penuh di freezer. Sempet nulis di Akis 4 bulan kalo minum ASIP-nya fresh semua dari chiller, ASIP beku cuman buat jaga-jaga. Tapi akhirnya sekarang ganti strategi karena terlalu banyak ASIP beku yang expired dan ga pernah diperbarui karena ASIP segar langsung diminumkan, padahal volume pumping ga tentu. Kadang banyak, kadang dikit. Malah sekarang seringnya dikit karena kalo malam luar biasa letih, saya melewatkan sesi pumping tengah malam.

Satu lagi yang menjadi catatan manis. Si Akis ini tiap liat abangnya bahagiaaa banget. Si abang juga kayaknya udah ada ikatan tak terlihat dengan adiknya karena kalo lagi main di luar sama temen-temennya bawaannya pingin pulang, mbecandain adiknya. Seperti apa bentuk mbecandainnya? Si Ed muter-muter di sekitar Akis sambil ketawa-ketawa. Si adik demen, hepi dan senyum tak henti-henti. Jangankan abangnya ketawa-ketawa gitu, cuma liat abangnya lewat  aja dia udah tersenyum lebar.  Bahkan ada satu kejadian indah, suatu hari si Ed diajak piknik sama Utinya. Berangkat pagi, sampe rumah jam 10 malam. Ketika dia menjejakkan kaki di rumah hal pertama yang dia tanyain adalah apakah adiknya udah bobo apa belum. Padahal saya tau dia capek dan ngantuk luar biasa. Manis ya? Terlihat manis sih kalo ditulis, tapi ga selalu manis kalo diliat. Soalnya si Ed suka kelewatan becandanya. Ketawanya ga kira-kira, lari-larian loncat-loncatan juga ga kira-kira. Pusing kepala liatnya, takut juga nginjek adiknya. Kalo lagi capek, saya suka emosi jiwa. Untung aja, meski saya kayak timbangan yang suka ragu-ragu, tapi hati saya seperti tape : lembek meski berasa kecut.

1 bulan menjelang MPASI Akis, saya masih agak gamang. Belum sempat belajar-belajar lagi. Siapa tahu ada yang berubah dari aturan MPASI kakaknya dulu. Yahh, udah 4 tahun yang lalu kaaan. Punya proyek ambisius juga untuk menjadikan Akis ga kayak kakaknya : sejak bayi doyan makan apaaaa aja, ehh begitu lepas 2 tahun jadi picky eater. Yang bikin makin gamang, ga ada yang salah dengan MPASI Edsel, semua indah, semua sesuai teori. Tapi hasilnya?? Kenapa sekarang jadi picky kelas berat??? Salahnya di mana?? Jadi apakah karena faktor lingkungan??#cucitangan.

Jadiii saya harus menganut teori yang mana lagi maaakkk??

Kesimpulannya. Saya tahu tujuan, tapi tidak tahu cara mencapai tujuan. Sama ajah! Yok kita belajar lebih dalam lagi. Semoga tidak terlambat keburu 6 bulan. Dan semoga si Akis lebih baik dari kakaknya. Semoga, semoga, dan semoga.....   

(Aduh kenapa jadi membahas MPASI ya?)

Yaudah selamat ulang bulan ke-5 ya sayangku. Eh nambah 1 lagi ding. Tahun ini adalah Idul Adha pertama Akis, sekaligus shalat hari raya pertama yang dia ikuti. Karena ketika Idul Fitri kemarin usianya baru 2 bulan dan dia ga diajak ke lapangan untuk ikut shalat hari raya.

Peluk cium Ibuk eaaa...

0 comments:

Post a Comment

Powered by Blogger.
Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...

© 2011 Everything is Beautiful, AllRightsReserved.

Designed by ScreenWritersArena