cinta kami ada dalam secangkir kopi, sepotong coklat, dan di blog ini..

Monday 2 February 2015

Merah Menyala Selai Kami

Edsel selalu cinta stroberi, selalu. Tapi hanya cinta sebatas fisik saja karena jika memakannya dia akan meringis. Tapi tetep saja dia cinta dengan stroberi. Maka setiap membeli stroberi, saya bikin selai agar dia tidak meringis karena rasanya yang manis-manis asem itu. Dan inilah selai stroberi ala kami yang sangat-sangat sederhana dan rendah hati tapi ga pernah gagal membuat si Ed nagih.

Resep selai stroberi

Bahan :
-          500 gr stroberi
-          300 gr gula pasir (atau sesuai selera ya)
-          100 ml air
-          1 sdm air jeruk nipis

Cara membuat :
  • Potong-potong atau blender stroberi, atau kadang saya parut untuk hasil yang halus tanpa perlu repot berurusan dengan printilan blender.
  • Masak bersama air dan gula pasir. Masak hingga kental.
  • Tambahkan air jeruk nipis, masak sebentar, angkat.
  • Masukkan ke wadah kaca (saya pakai toples bekas selai) yang sebelumnya telah dicuci bersih dan disterilkan dengan merebusnya sebentar di air mendidih.
  • Beres deh


Itu tangan si Ed yang ga pernah absen ambil bagian dalam setiap proyek yang akan masuk ke perutnya

Fungsi air jeruk nipis untuk mengentalkan tekstur selai. Saya kadang ga pakai air jeruk nipis jika lagi ga punya, tapi memang hasilnya lebih encer dibanding jika pake. Tergantung selera aja sih, karena ga kental pun rasanya tetap enak.

Nah sterilisasi wadah kaca berfungsi biar selainya awet, ga gampang rusak kena bakteri yang ada di dalam wadah, karena selai ini kan ga pake pengawet apa pun. Jadi jangan melewatkan proses yang satu ini ya.


Satu toples gini akan habis dalam tempo 24 jam


Satu botol toples selai itu paling lama habis dalam waktu 2 hari. Seringnya malah cuma 1 hari hanya oleh Edsel sendiri karena apa pun pasti dicelup ke selai : Sosis, roti, biskuit, donat, roti tawar, telur dll. Yeaahh, emak bapaknya memang cuma jadi penonton kalo urusan makan enak ginian.

0 comments:

Post a Comment

Powered by Blogger.
Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...

© 2011 Everything is Beautiful, AllRightsReserved.

Designed by ScreenWritersArena