cinta kami ada dalam secangkir kopi, sepotong coklat, dan di blog ini..

Tuesday 18 February 2014

Bukan Taman Biasa


Sstt... ada Pipa Bercerita

Dari namanya udah ketauan kalo ni taman bukan sekedar taman bermain biasa. Yeah, that is Taman Pintar. Terletak di Jl. Panembahan Senopati 1-3, Taman Pintar tepat berada di jantung kota Jogja. Tempat ini memadukan tempat rekreasi dan edukasi.

Taman pintar memiliki arena bermain dan sekaligus sarana edukasi yang terbagi dalam beberapa zona. Ada Playground, Gedung Heritage, Gedung Oval, dan Gedung Kotak. Bagian pertama yaitu Playground merupakan area penyambutan, permainan, juga sebagai ruang publik bagi pengunjung. Di tempat ini terdapat sejumlah wahana bermain untuk anak seperti Forum Batu, Pipa Bercerita, Rumah Pohon, Parabola Berbisik, Air Menari, Desaku Permai, Jembatan Goyang, Spektrum Warna, Dinding Berdendang, Sistem Katrol, Istana Pasir, Engklek, dan Jungkat-jungkit.

Taman Air Menari. Jangan lupa bawa baju ganti kalo ke sini.


Tau kalo mau difoto, si Ed narik katrol dengan ekspresi datar



Lihat gambar atas dan bawah. Edsel tetep yah dengan gaya andalannya : telunjuk di pipi !

Bagian Kedua adalah Gedung Heritage. Gedung ini diperuntukkan bagi anak-anak PAUD (Pendidikan Anak Usia Dini). Di dalamnya terdapat pendidikan dan permainan untuk anak-anak seusia itu. Kebanyakan sih yang masuk ke gedung ini dari rombongan sekolah. Makanya kita ga masuk kesini karena mengingat waktu yang terbatas dan belum sesuai aja untuk usia si Ed. Takutnya si Ed kurang bisa menikmati.

Bagian selanjutnya yaitu Gedung Oval. Gedung Oval terdiri dari zona pengenalan lingkungan dan ekshibisi ilmu pengetahuan, zona pemaparan, ilmu pengetahuan dan teknologi.


Di dalam Gedung Oval, cakep ya?


Tebak ini apa? Ini bocah eike yang guling-gulingan di lantai. Kesenengan liat gambar ikan yang bisa idup dan gerak. Ckckc...

Nah yang terakhir atau keempat adalah Gedung Kotak yang mempunyai tiga lantai. Lantai pertama ada radio anak Jogja, ruang pameran, food court, ruang audiovisual, dan souvenir counter. Lantai kedua sebagai zona materi dasar dan penerapan iptek yang terdiri dari jembatan sains, perpustakaan, Indonesiaku, teknologi canggih, dan teknologi populer. Sedangkan lantai ketiga terdiri dari laboratorium courses class, sains,animasi, dan tv


Nah beli tiketnya meskipun ada dalam 1 loket, tapi tiketnya sendiri-sendiri sesuai gedung mana yang ingin kita masuki. Harga masing-masing tiket juga beda-beda. Misalnya nih, kalo cuma masuk ke Gedung Kotak plus Gedung Oval (ni Gedung nyambung ya, jadi tiketnya juga cuma 1) bayarnya 15 ribu. Gedung PAUD udah beda lagi tiketnya. Trus kalo nanti mo main clay atau lukis gerabah juga beli tiket sendiri 5 ribu perak. Gitu juga kalo mo nonton film 3 Dimensi, dan yang lain-lain. Jadi beli tiketnya sesuai kebutuhan aja ya.

Ups, jangan lupa, di Taman Pintar ini juga ada Planetariumnya. Keren lho, ga kalah ama yang ada di Jakarta. Harga tiketnya @ 15 ribu untuk dewasa. Kalo ga salah dalam sehari ada 2 kali pertunjukan, dengan durasi 30 menit. Sayangnya Edsel ga suka di Planetarium ini. Jadi selama pertunjukan berlangsung, dia merem atau noleh ke samping, ga mau lihat ke atas. Ehh tau-tau ketiduran deh. Hehehe. Katanya sih dia ga suka nonton dengan ruangan gelap gitu. Alamaakk...ga bisa diajak nonton ke bioskop dong kalo gitu. Padahal emak babenya demen nonton film.

Gelap-gelapan di Planetarium. Edsel doesn't like !!

Oh iya, kalo ke sini kamu bisa sekalian mampir ke Shopping, karena memang ada akses langsung ke situ. Deretan toko-toko buku yang bikin ngiler pingin borong buku-buku bagus. Jangan lupa nawar ya. 

Kalo lapar juga ada food court di lantai dasar, tapi mahaall dan kurang enak. Kalo mau mantep, nyebrang aja ke pinggir jalan. Ada tenda yang jualan lotek, gado-gado, dan pecel yang bikin nagih. Harganya juga terjangkau. Mak nyuss deh dibandingin makan di food court, cuma tempatnya emang kurang nyaman. 

Saran saya yang terakhir ni, di dalem lokasi ada yang jual sosis bakar yang enaaakkk bangeeett. Tapi tanya dulu harganya ya, jangan sampe terbelalak kayak saya yang udah kadung borong banyak. Hihihi... 

Selamat menjelajahi Taman Pintar. Saya sukaaa liburan.


0 comments:

Post a Comment

Powered by Blogger.
Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...

© 2011 Everything is Beautiful, AllRightsReserved.

Designed by ScreenWritersArena