cinta kami ada dalam secangkir kopi, sepotong coklat, dan di blog ini..

Monday 5 August 2013

Ramadhan TwoThousandThirteen

Ramadhan tahun kemarin ga pernah shalat tarawih di mesjid. Si anak lanang berumur hampir 1,5 tahun. Boro-boro mau ditinggal ke mesjid, siapa yang jagain? Misalnya gantian sama Ayah, kalo mo nyusu gimana? Malem kan waktunya dia nenen sepuas hati karena udah seharian penuh ditinggal. Malam is Ibu, ga bisa dengan yang lain.

Kalo diajak? Bisa bikin perkara. Perkara pertama : lari-lari ngiderin tiap-tiap shaf. Perkara kedua : ngomong atau ngoceh melulu sampe ngeganggu kekhusukan jamaah. Perkara ketiga : ngantuk ngajak bobo sambil nenen padahal shalat belum selesai. Anak umur segitu belum bisa dibilangin, belum bisa diajak kompromi, belum bisa disuruh diem anteng. Nah lho, jadinya satu bulan penuh absen shalat tarawih ke mesjid.

Ramadhan tahun kemarinnya, apalagi. Edsel baru 4 bulan. Praktis emang idupnya tergantung banget saya sayah! Penyambung nafasnya ya cuma ASI saya. Gimana mo ditinggal ke mesjid? Puasa saya juga bolong-bolong. Biasanya kalo abis mompa ASI tu ya pingiiinnn banget minum sebanyak-banyaknya. Hahaha...ini sih emang saya nya yang ga kuat iman. Eh tapi menurut saya, dibanding hamil, masa menyusui memang lebih cepet laper lho. Udah kayak tukang batu yang kerja keras di bawah terik matahari aja kita. Dikit-dikit laper, dikit-dikit haus.

Trus Ramadhan TwoThousandThirteen kali ini gimana? Puasa dong sob, tarawih ke mesjid juga. Tapiii... Bikin jadwal shift ni kita sama Ayah. Gantian kapan ke mesjid, kapan jagain Edsel. Secara ya, kalo si 2 tahun 4 bulanku ini diajak, pasti rese. Udah empat kali saya ajak tarawih ke mesjid, yang ada saya belum sempat shalat apa-apa udah pulang.
pake peci, mau TPA

Malam pertama : baru baca Al Fatihah rakaat pertama shalat Isya udah ribut minta ditemenin pipis. Udah selesai pipis, saya lanjutin ikut shalat, dia narik-narik mukena mo ikut Ayah. Melihat saya diam ga bergeming, suaranya makin keras dan berubah menjadi teriakan. Alhasil daripada mengganggu jamaah yang lain, saya ajak pulang aja  ni anak tanpa menghasilkan 1 rakaat pun di mesjid.

Malam kedua : maunya di shaf perempuan terdepan biar bisa deket dengan Mas Angga (tetangga kami) di jamaah laki-laki. Baru saya takbir udah ribut minta pipis lagi. Selesai pipis, lari bolak-balik ke jamaah laki-laki trus ke deket saya, ke jamaah laki-laki lagi, kemudian duduk deket saya lagi. Habis itu dia bosen duduk, ngajak pulang. Seperti biasa dengan ritual narik-narik mukena dan makin lama suaranya berubah menjadi teriakan. Dan malam kedua ini pun belum satu rakaat yang saya selesaikan.

Malam ketiga :  ikut Ayah di jamaah laki-laki. Duduk anteng, manis, dan saya yang melihatnya dari shaf perempuan bahagiaaaa sekali sambil berharap Edsel bisa bertahan sampe minimal 8 delapan rakaat shalat tarawih. Tapiiii harapan saya dikandaskan tanpa perasaan. Selesai shalat Isya, ketika Ayahnya sedang berdzikir, Si Ed udah minta pulang. Ayahnya yang ga mau suara anaknya mengganggu orang-orang yang sedang khusuk dzikir langsung mengajak Edsel keluar, dan pulang.

Malam keempat : saya baru selesai menggelar sajadah baru hendak berdiri untuk shalat tahiyatul masjid, anak sholeh ini udah minta : PULANG. Dibujuk rayu untuk menunggu sebentar, paling tidak biar sampai shalat Isya, ga mau. Keukueh ga mau.

Selesai. Cukup sudah saya ajak anak 2 tahun ke mesjid shalat tarawih. Besok-besoknya ga sanggup saya. Akhirnya bikin schedule ke mesjid itu lah kami akhirnya.

Sebenarnya ambisi ngajak Edsel shalat di mesjid bukan hanya sekedar saya nya yang ga mau kehilangan momen Ramadhan ini, tapi juga pengenalan ke dia bahwa kayak gini lho shalat berjamaah di mesjid, biar sedari kecil sudah ada pemahaman tentang hal itu. Tapi ya beginilah hasil maksimalnya, hehehe... Yang penting udah usaha lah. Allah Maha Mengetahui niat baik kita kan?
  
Semoga tahun depan kita masih bisa berjumpa dengan Ramadhan. Semoga kami bisa lebih baik, ya. Doakan kami.

0 comments:

Post a Comment

Powered by Blogger.
Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...

© 2011 Everything is Beautiful, AllRightsReserved.

Designed by ScreenWritersArena